[Book Review] We Were Liars

29566134

Judul: We Were Liars
Penulis: E. Lockhart
Penerbit: Gramedia (terjemahan)
Terbit: 14 April 2016
Tebal: 296 hlm.
ISBN: 9786020306711
Genre: Romantic Suspense/ YA

Keluarga yang menawan dan disegani.
Pulau pribadi.
Gadis cerdas yang risau; pemuda politis yang penuh semangat.
Empat sahabat—Para Pembohong—dengan pertemanan yang kemudian menjadi destruktif.
Kecelakaan. Rahasia.
Kebohongan demi kebohongan.
Cinta sejati.
Kebenaran.

REVIEW:

Sebuah keluarga besar yang kaya raya tinggal di pulau pribadi, Pulau Beechwood. Ada empat rumah mewah di sana, dan yang paling mewah adalah Clairmont, tempat Keluarga Sinclair, kakek-nenek Cadence tinggal. Kemudian ada Windemere, tempat tinggal Cadence dan ibunya, Penny serta para anjing peliharaannya. Lalu, di Cuddledown ada Keluarga Sheffied yang berisi Mirren, adik kembarnya- Liberty &Bonnie, ibu Mirren, Bess, dan Taft. Kemudian ada Red Gate, rumah terakhir milik keluaga Dennis yang berada dekat dermaga keluarga. di Red Gate terdapat Carrie beserta dua anaknya, Will dan Ed serta Gat, anak dari pacar Carrie.

Source: Here

Pada bab pertama, Cadence, si tokoh utama mulai memperkenalkan tentang mereka. Bagaimana keseharian dan kehidupan mereka. Dan kata yang cocok untuk keluarga Sinclair adalah: Sempurna.

Cadence, Johnny, Mirren dan Gat . Keluarga memanggil mereka Para pembohong. Cadence, Johnny, dan Mirren merupakan sepupu, dan Gat, Gat mulai datang ke Beechwood pada saat mereka berumur delapan.

Cerita ini ditulis dari sudut pandang Cadence. Dan untuk itu, aku sangat mengagumi kemampuan penulis dalam menggambarkan Keluarga Sinclair yang sempurna, juga kehidupan Para Pembohong yang terlihat sangat mengasikkan.

Kemudian, setelah penulis selesai dengan ‘perkenalan’ kehidupan keluarga Sinclair, konflik pun berangsur-angsur terlihat.

Suatu malam, di akhir Juli pada musim panas kelima belas, Cadence mengalami kecelakan. Hanya saja, ia tidak dapat mengingat, kenapa ia bisa tenggelam di pantai. Penny, ibunya, menemukan Cadence yang sedang meringkuk di pasir dekat pantai. Karena kejadian itu pula, Cadence yang kuat menjadi lemah. Ia selalu sakit kepala dan migrain. Sejak saat itu juga, Penny memutuskan untuk tidak berkunjung ke Beechwood dan tinggal di Colorado bersama Cadence.

Keanehan-keanehan mulai muncul. Cadence seperti dilarang ‘berhubungan’ dengan Pulau Beechwood dan orang-orang di dalamnya. Cadence selalu mengirim surat kepada Para Pembohong lainnya tapi, ia tidak pernah mendapat balasan.

Lalu, pada musim panas ketujuh belas, Cadence dan Penny memutuskan untuk kembali berkunjung di Beechwood. Dan saat tiba disana, rumah Clairmont berubah. Para bibi bersikap aneh. Kemudian, Cadence berusaha untuk mengingat, kenapa ia bisa mengalami kecelakaan itu? Kenapa semua orang, kecuali Para Pembohong besifat aneh?


 

Unbelievable!

Aku jatuh cinta dengan gaya penulisan penulisan penulis, ah, tidak, mungkin aku lebih jatuh cinta pada cara penulis ‘menggambarkan’ dan ‘memberitahu’ pembaca tentang segala sesuatu.

Buku ini dibagi menjadi 3 bagian. Bagian pertama dan kedua adalah bagian dimana penulis memberitahu pembaca tentang bagaimana kesempurnaan dan kehidupan keluarga Sinclair dan mengungkit tentang konflik yang akan dihadapi nanti. Pada bagian ketiga, penulis mulai menggambarkan tentang ‘usaha’ Cadence untuk mencari tahu penyebab ia kecelakaan dan ‘sikap aneh’ Para Bibi. Kemudian pada bagian keempat, alur mundur diperlihatkan. Penulis mulai memberitahu tentang apa yang terjadi di Pulau Beechwood dan kenapa Cadence bisa kecelakaan.

Dan yah, selain gaya penulisan yang luar biasa, penokohannya juga sangat bagus. Banyak sekali tokoh disini, tetapi, tokoh sampingan pun memiliki porsi yang cukup dan sangat berdampak terhadap cerita.

Plot/ Jalan ceritanya juga sangat bagus dengan Alur maju-mundur yang selalu berhasil membuat aku penasaran.
Dan, untuk kover buku ini, aku lebih menyukai kover versi Indonesianya dari pada versi aslinya. Kover dari versi Indonesia sangat menjanjikan. Maksudku, bukan hanya menjanjikan, tapi mencerminkan cerita yang ditawarkan (jika kalian membaca buku ini, kalian pasti akan mengerti maksudku!:D)

Jangan pernah terima jawaban tidak,” begitu dia selalu berkata pada kami. Dan, “Jangan pernah memilih duduk di barisan belakang. Para pemenang selalu duduk di barisan depan.

Ini adalah kali pertama aku membaca buku karya penulis ini, Emily Lockhart. Dengan cover yang indah serta judul yang terasa sangat ‘menjanjikan’, aku memutuskan untuk membeli buku ini yang berakhir pada: I’m soooo satisfied! Ide cerita yang bikin aku amazed!

Overall, aku sangat-sangat-sangat menyukai buku ini. Ending yang tidak terduga, tokoh yang mengasikkan dan polos, hubungan persahabatan, keluarga, dan percintaan yang sempurna dan.. cerita yang memikat. 🙂

Advertisements

[Book Review] I Was Here

28819877

Judul: I Was Here
Penulis: Gayle Forman
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama (terjemahan)
Terbit: Februari, 2016
Tebal: 328 hlm.
ISBN: 9786020322421

Ketika Meg, teman baik Cody, mengakhiri hidupnya dengan meminum cairan pembersih, Cody sangat sedih dan tidak bisa memahami perbuatan sahabatnya itu. Ia dan Meg selalu berbagi cerita—jadi bagaimana ia bisa tidak tahu masalah sahabatnya tersebut?

Namun ketika pergi ke kota tempat Meg kuliah untuk mengemasi barang-barang sang sahabat, Cody mendapati bahwa banyak yang tidak diceritakan Meg: tentang teman-teman sekamarnya—tipe yang takkan pernah dijumpai Cody di Washington, kota kecil tempat ia tinggal. Tentang Ben McAllister, cowok sinis jago main gitar, yang membuat Meg patah hati. Tentang file komputer yang tidak dapat dibuka Cody—sampai ia berhasil membukanya, lalu jadi ragu tentang semua yang dikiranya ia ketahui tentang kematian sang sahabat.

REVIEW:

Ini adalah kali pertama aku membaca bukunya penulis ini, Gayle Forman. Sadly, i can’t get the english ver. of this book and yes, aku nggak bakal bisa ‘ngomentarin’ gaya penulisan yang lebih spesifik. Hanya saja, buat sang editor (too bad buku ini nggak ada proofreadernya), dua kata: banyak TYPO. Kali ini, typos yang saya temukan di buku ini lumayan banyak, sampai ada dobel huruf dan kurang (which is, udah jarang ditemukan pada buku-buku lain sekarang ini).

Untuk cover, this version is better. Kesan mellow-nya dapet.
Jujur saja, membaca buku ini mengingatkanku pada cerita-cerita karya penulis lokal, Winna Efendi. Yap. Buku ini menawarkan kisah persahabatan sekaligus percintaan.
Memang benar, tema tentang persahabatan sudah mainstream sekali. Hanya saja, Gayle Forman menawarkan kisah persahabatan yang pelik, penuh teka-teki, dan tentu saja: perjuangan dan pengorbanan.

Seperti yang dikatakan di sinopsis di atas, I Was Here menempatkan Cody sebagai tokoh utama (bisa dibilang begitu sih, soalnya ‘porsi’ kehadiran Cody yang paling banyak). Menyampaikan kisah perjalanan Cody setelah ditinggal ‘bunuh diri’ oleh sahabat dekatnya, Meg.
Selama ini, Cody pikir ia mengetahui segalanya tentang Meg, bahkan hal yang sekecil apapun. Cody tahu bahwa Meg unik, Meg selalu tergila-gila pada lagu yang bahkan tidak diketahui ‘keadaannya’ oleh orang lain, Meg selalu mendambakan band-band yang tidak terkenal, dan yah… tidak heran, Meg bunuh diri dengan cairan pembersih yang juga sukar ditemukan.

“I failed her
in life. But I won’t fail her in death.”

Suatu hari, Sue and Joe, orangtua Meg, meminta Cody untuk membereskan dan mengemasi barang-barang Meg di kota tempat Meg kuliah dan menetap. Disana, Cody bertemu dengan Ben McCallister, yang ternyata merupakan cowok yang pernah membuat Meg patah hati. Usut punya Ben dan Meg sering bertukar email, tapi kemudian, Ben menyuruh Meg untuk berhenti menganggunya. Dan.. rasa kewaspadaan dan penasaran Cody naik kembali di permukaan.


By the way, at first, aku pkir Cody itu cowok. Setelah usut punya usut, ternyata Cody itu cewek! (Ya iyalah! Masa homo-an sama si Ben?)
Ah iya, mungkin aku ketinggalan satu hal: buku ini juga menawarkan kisah ‘keluarga’. Yep! keluarga Cody dan Meg memang berlawanan. Meg hidup dikeluarga yang berkecukupan dengan orangtua dan seorang adik yang lengkap. Sedangkan Cody hanya hidup dengan ibunya yang merupakan pekerja di Bar dan ‘sedikit’ melarat. That’s why Cody sangat dekat dengan keluarga Meg.

Bicara soal karakter favorit, aku paling suka Ben McCallister, tipikal laki-laki hot+bad boy dan sebenarnya baik (?!)
Tidak lupa juga ada Harry Kang, si cowok blasteran Korea-Amerika yang ‘peran’nya sangat penting dalam meretas email berkode sandi di komputernya Meg.
Untuk Cody, aku kurang menyukai karakter dia, awalnya dia terlalu ‘jual mahal’, eh akhirnya malahan dia yang nyerah. Untuk itu, aku sedikit menyalahkan penulis yang nggak berpengang teguh dengan karakter ‘dingin+sombong+cewek baik-baiknya’ si Cody itu.

“How can you believe someone to be so beautiful and amazing and just about the most magical person you’ve ever known, when it turns out she was in such pain that she had to drink poison to rob her cells of oxygen until her heart had no choice but to stop beating?”

After all, buku ini tidak mengecewakan sama sekali. Meskipun karya-karya terkenal dari penulis ini adalah If I Stay, aku tetap mengukuhkan hati untuk membaca buku ini terlebih dahulu (mungkin ini yang disebut feeling yakk!! hehe) Sebenarnya tidak tahu kenapa juga, mungkin karena covernya yang bagus? Atau, mungkin karena judulnya, “I WAS HERE” yang bikin baper tingkat dewa?

[Book Review+Tebak SS2015] The Girl on The Train

26085996

Judul: The Girl on The Train
Penulis: Paula Hawkins
Penerbit: Noura Books (edisi terjemahan)
Terbit: Agustus, 2015
Tebal: 431 hlm.
ISBN: 978-602-0989-97-6

REVIEW:

Dia terkubur di bawah pohon birkin perak, di dekat rel kereta tua, kuburannya ditandai dengan tumpukan batu. Sesungguhnya hanya setumpuk kecil batu. Aku tidak ingin tempat peristirahatannya tampak mencolok, tapi aku tidak bisa meninggalkannya tanpa kenangan.
Dia akan tidur dengan damai di sana, tak seorangpun mengusiknya, tidak ada suara kecuali kicau burung dan gemuruh kereta yang melintas.

 

Buku ini ditulis dari sudut pandang orang pertama. Bergantian dari sudut pandang Rachel, Megan, dan Anna. Dengan porsi terbanyak yaitu Rachel, mengingat dialah si pemeran utama.

Rachel menaiki kereta komuter yang sama setiap pagi. Ia tetap menaiki kereta tersebut meskipun sudah dipecat dari pekerjaannya. Bukannya tanpa sebab, Rachel merupakan pecandu alkohol parah.

Setiap hari, di pinggiran London, kereta itu akan berhenti di sebuah sinyal perlintasan, tepat di depan rumah nomor lima belas.
Rachel selalu menikmati pemandangan suami istri yang tampak menjalankan kehidupan yang tampak bahagia. Meskipun tidak mengenal secara langsung suami istri tersebut, Rachel telah menghafal aktivitas kedua orang itu. Rachel bahkan memiliki nama–nama untuk suami-istri itu, Jason dan Jess.

Pemandangan suami istri tersebut selalu membuat Rachel mengingat kembali kehidupannya yang sempurna di masa lalu. Disaat ia masih memiliki Tom, mantan suaminya yang kini meninggalkannya demi Anna.

Pada suatu pagi, Rachel menyaksikan sesuatu yang mengejutkan!

Kini pandangannya terhadap pasangan itu pun berubah!


Sejak awal, buku ini selalu membuat aku penasaran. Mungkin karena buku ini selalu berada di rak-rak buku bestseller. Belum lagi iming-iming ‘Segera difilmkan’.
Hanya saja, aku sedikit ragu untuk membeli buku ini. Mungkin karena aku takut kalau tidak sesuai ekspetasi. Mungkin juga takut kalau ‘gaya terjemahan’ yang super-kaku (untuk itu, masih pikir-pikir lagi beli edisi englishnya.)

Untungnya, Santaku yang baik hati memberiku buku ini.

Super-Nggak Nyesal sama SEKALI!! (um, sebenarnya buku ini sedikit membosankan di bab-bab awal, belum lagi ‘latar waktu’ yang berbeda-beda setiap babnya.)

Mungkin waktu itu aku sedang lelah. Karena menghadapi bab-bab awal yang(menurutku) super-bosen, aku memutuskan untuk mencari ‘sedikit’ spoiler. Dan… ya… bukannya mendapatkan ‘secuil’ spoiler, aku malah dapetin S-E-M-U-A. Termasuk si X.
(Melalui pengalaman buruk ini, aku menyarankan kalian semua, Jangan coba-coba nyari review/ spoiler di wikipedia!!)

Jadi, dari awal aku nggak sempet buat hipotesis/ menebak-nebak si pelaku (berhubung udah ketahuan! 😦 xD) Hanya saja, jalan ceritanya selalu membuat penasaran. Endingnya bener-bener nggak ketebak, nggak nyangka banget!
Maaf ya, Mrs. Flynn, aku lebih suka ini daripada Gone Girl!
Menurutku, Ide ceritanya lebih keren, lagian edisi terjemahannya Gone Girl terlalu tebal 😦 Nggak bisa nyelesein sampe sekarang 😦

Overall, aku sangat-sangat menyukai buku ini! Direkomendasiin buat kalian semua! Bener! Buat pecinta romance, YA, Sci-fci… pokoknya harus baca buku ini! (Kok kesannya maksa ya 😀 LoL)

Pertama kalinya ikutan Secret Santa, seperti yang aku katakan tadi, aku selalu clueless dan nggak punya bakat dalam tebak-tebakan. Santaku memberi clue yang gimana ya. Sebait quote dan gambar burung twitter (?) [Klik Disini] By the way, karena post Riddle itu telat, nggak ada komen yang membantu :(:(

Untung aja, dua hari yang lalu mbak Dewi whatsapp-in dan ngasih clue (bisa disebut clue bukan sih?)  Cluenya berupa sederet nama-nama.

Lalu, jika dilihat dari tulisan tangannya yang rapi banget. Santanya pasti cewek! (bukan rasis ya, wkwkkwk)

Akhirnya, aku menebak satu nama (yang alasannya tidak dapat dikemukakan, namanya tebakan yah! xD)

Wulida @ Tukang Arsip Buku

 

[Book Review] The Notebook

23215247

Judul: The Notebook
Penulis: Nicholas Sparks
Penerbit: Gramedia (Indo vers.)
Terbit: Cetakan keempat, 2014
Tebal: 256 hlm.
ISBN: 9786020306490

REVIEW:

Ayahku pernah bilang bahwa begitu kau jatuh cinta untuk pertama kali, kehidupanmu akan berubah selamanya, dan betapapun kau berusaha, perasaan itu tidak akan bisa dihapuskan. Gadis yang kau ceritakan padaku adalah cinta pertamamu. Dan apa pun yang kau lakukan, dia akan tetap di hatimu selamanya.

Sangat disayangkan, aku menemukan banyak sekali typo. Padahal, terjemahannya sudah cukup baik.

Aku membaca The Notebook tahun lalu. Dan, yah, film The Notebook bikin aku ‘selalu’ pengin membaca bukunya. The Notebook sendiri juga merupakan buku Nicholas Sparks pertama yang aku baca. By the way, Nicholas Sparks akan menerbitkan buku baru lainnya yang berjudul See Me (sedang pre-order) dan film adaptasi barunya, The Choice. Trailer dari The Choice bisa dilihat disini.

The Notebook bercerita tentang seorang pria biasa, Noah Calhoun yang jatuh cinta kepada seorang wanita kaya, Allison Nelson. Mereka bertemu saat musim panas. Kala itu, Allie dan keluarganya mengunjungi New Bern untuk liburan musim panas. Kala itu, Noah masih berusia 17 tahun dan Allie 15 tahun, mereka saling jatuh cinta kala itu. Hanya saja, orang tua Allie menggangap Noah tidak pantas untuknya. Maka dari itu, selesai musim panas, selesai juga cinta mereka, atau, begitulah yang orang tua Allie anggap. Tetapi, tidak dengan Noah dan Allie.

Dalam satu tahun setelah kepergian Allie dari kota itu, Noah kerap mengirimi Allie surat, setiap hari dalam satu tahun. Hanya saja, surat tersebut tidak pernah mendapat balasan. Allie ternyata tidak pernah menerima surat tersebut. Bertahun-tahun setelahnya, Noah memutuskan untuk mencari Allie. Tapi ia kehilangan jejak, Allie dan keluarganya sudah pindah.

Bertahun-tahun kemudian, Allie tidak sengaja melihat sebuah berita dikoran yang dipegangnya. Berita tersebut memuat foto sebuah rumah berlatar warna putih dan terpampang foto Noah di dalamnya. Foto tersebut memuat Allie kembali mengingat masa lalu. Ia jadi meragukan pertunangannya dengan Lon Hammod, pria yang dikenalnya saat Allie menjadi relawan untuk mengobati prajurit perang dunia. Lalu, Allie memutuskan untuk kembali ke New Bern, kembali ke kota yang menyimpan masa lalunya.

Allie dan Noah kembali bertemu, setelah empat belas tahun, mereka kembali bertemu. Hanya saja, keadaan sudah berubah sekarang.

Kau adalah jawaban untuk semua doa yang pernah kupanjatkan. Kau adalah sebait lagu, sejumput mimpi, sepenggal bisikan, dan aku tak mengerti bagaimana aku bisa hidup tanpa dirimu selama ini. Aku mencintaimu, Allie, melebihi yang bisa kaubayangkan. Aku memang mencintaimu selama ini, dan selamanya aku akan selalu mencintaimu.

Cerita dibuka dengan seorang pria tua yang membacakan buku catatan untuk seorang wanita tua dirumah sakit. Maka, alur yang digunakan dalam buku ini adalah alur mundur. Tidak usah dipertanyakan lagi, ya, tentang siapa si wanita tua dan pria tua tersebut. Aku yakin, kalian semua pasti tahu tentang hal tersebut.

Ada banyak hal yang berbeda antara buku dengan film. Hal yang paling dapat dirasakan adalah adanya karakter tambahan. Sebenarnya aku tidak begitu mempermasalahkan ini. Toh, karakternya juga tidak terlalu penting.

Perbedaan lainnya adalah, titik pertemuan antara Noah dan Allie. Dibuku, pertemuan mereka tidak digambarkan dengan jelas. Sedangkan di film diceritakan bahwa mereka bertemu disuatu malam di sebuah pasar malam.

Tokoh Lon Hammond Jr., tunangan Allie juga diceritakan sedemikian mendetail, padahal difilm karakter Lon tidak begitu mencolok. Lain dengan karakter ayah Noah. Di film, karakter ayah Noah cukup mendominasi, hadir di tengah-tengah Allie dan Noah. Membantu keromantisan yang mereka bangun meskipun tidak langsung.

Jujur saja, aku cukup terkejut saat mengetahui bahwa buku ini hanya memiliki 200-an halaman. Bagaimana bisa cerita yang sedemikian rupa bisa sedemikian tipis?
Dan, aku juga sangat kecewa terhadap covernya. Sepertinya penerbit indonesia benar-benar sangat ‘stuck‘ pada cover ini. Jika dilihat dari riwayat penerbitannya, buku ini sudah dicetak ulang empat kali. Kali keempat adalah tahun 2014. Masa, nggak mengalami perubahan cover, sih? Jujur, covernya sangat tidak bagus. Terlalu simpel.

Overall, meskipun aku banyak merasa tidak puas pada beberapa bagian di buku ini, aku tetap memberi rating yang bagus di Goodreads. Sebenarnya, aku pikir cerita ini jadi tidak bagus karena aku membaca versi indonesianya (bukan menjelek-jelekkan ya, tapi memang kenyataan, bukan?), aku benar-benar pengin membaca versi internationalnya. Mungkin akan lebih baik jika aku mencari e-book dari buku ini. Penasaran, ada nggak sih bagian-bagian yang ‘beda’ antara versi asli dan terjemahannya? Ah, mungkin yang ‘beda’ cover ya? Aku melihat ada beberapa cover yang bagus-bagus, tapi tidak tahu, terbitan negara mana, secara tuh, The Notebook  sudah diterbitkan dibanyak negara.

By the way, mungkin kali ini, aku lebih suka versi filmnya daripada novelnya. No offense. Cuma, menurutku versi filmnya lebih bagus. Apalagi pemilihan aktor dan artis yang cocok banget!

Salah satu adegan favorit di film. Sangat disayangkan, ternyata adegan ini tidak digambarkan dibuku aslinya…