[Book Review] Januari: Flashback

24461222

Judul: Januari, Flashback

Penulis: Cherry Zhang, Petronela Putri, Pia Devina

Tebal: 208 hlm.

Penerbit: Grasindo

Terbit: Januari, 2015

ISBN: 978-602-251-867-9

REVIEW:

Seorang pengusaha, Armand Rahardja ditemukan tewas disaat pesta perayaan tahun baru. Banyak dugaan bahwa Armand Rahardja bunuh diri. Tapi, bagi anaknya, Arumi, ‘bunuh diri’ sangat tidak cocok. Ayahnya itu sedang berada di puncak kesuksesan. Bagaimana bisa seseorang yang sedang berada di puncak kesuksesan memutuskan untuk bunuh diri?

Kematian kadang bisa terasa begitu dekat,
… sejauh apa pun kita berlari.
Iya kan, Arumi?

Tidak cukup hanya di situ. Setelah kematian Armand Rahardja, serentetan terror menghampiri putrinya, Arumi. Anehnya, terror tidak hanya sampai ke Arumi, tapi juga ke Aluna, dan Era. Aluna dan Era merupakan anak dari sahabat-sahabat ayahnya.

Disisi lain, dalam membantu Arumi dkk. untuk ‘mencari’ tahu tentang kematian ayahnya serta ‘siapa’ yang meneror mereka, ada seorang polisi muda bernama Gara. Dengan Gara, Arumi dan Era, juga Aluna mulai mencurigai Om Handoko,  salah satu sahabat dekat ayah Arumi. Bukannya dengan prasangka buruk ya, sebelumnya Arumi ‘pernah’ memergoki Om Handoko ‘memeras’ dan ‘menekan’ ayahnya di ruang kerja ayahnya Arumi. Belum lagi, paraf mirip paraf Om Handoko selalu disampirkan di kaki surat yang diselipkan di setiap paket terror yang Arumi dkk. terima.

Sebenarnya… apa yang terjadi?

Siapa dalangnya?

Dari semua Monthly Series yang sudah di terbitkan sampai saat ini, hanya Januari dan Maret yang telah aku baca. Pertama kali, aku membaca Maret: Flowers. Berhubung karena Maret: Flowers merupakan kumpulan cerpen (atau novela?) dari masing-masing penulis (biasanya 3 penulis Grasindo berkolaborasi), awalnya aku pikir Januari: Flashback ini juga kumcer dari masing-masing penulis yang berkolaborasi… dan… ternyata bukan!

Hanya saja, penulisannya ditulis dari sudut pandang orang pertama. Dengan bagian-bagian untuk tiap tokohnya (tuker-tuker). Ada Arumi, Aluna, dan Era. Mungkin ketiga penulis membagi-bagi siapa yang ‘menuliskan’. Hanya saja, pada bagian ucapan terima kasih (atau yang begitulah), tidak disebutkan penulis mana yang menuliskan tokoh ini-itu. So, aku nggak bisa mengomentari tentang gaya penulisan penulis ini-itu dan… berhubung ketiga penulis ini masih merupakan penulis baru untukku (belum pernah baca karya mereka satupun). Eh, atau memang ada dituliskan? (maksudnya, misalnya penulis Cherry menuliskan berdasarkan sudut pandang Aluna), tapi memang aku-nya yang nggak ke-baca? #lupakan

Jujur saja, cover-cover dari Monthly Series ini aku-banget. Simpel, dan banyak misteri (coba perhatikan kalimat yang tersimpan di covernya). Dan… ya, aku menyukai cover dari buku ini, Januari: Flashback.

Januari: Flashback memiliki ending yang… tidak terduga! Dan.. berhubung karena buku ini seperti genre-genre thiller atau memang thiller? (Beneran, aku agak buta soal genre :(), aku menebak-nebak tentang siapa si ‘pembunuh’? Dan… tebakanku salah! Meskipun sudah berada di 1/4 menuju akhir, (biasanya di bagian ini sudah di kupas tentang pembunuhnya dan sudah membuat kita lebih gampang menebak), um.. dan tebakanku masih salah!
Unbelievable! Endingnya… aku suka banget!

Hanya saja, aku tidak begitu menyukai para tokoh pada cerita ini. Arumi digambarkan terlalu sempurna, meskipun sudah ditutupi dengan kejadian ayah Arumi yang meninggal, aku hanya merasa bahwa hidup Arumi terlalu gampang. Banyak orang yang menyukai dan mengasihinya (ups.. dan berakhir pada ke-iri-an), dan… pada beberapa titik, aku merasa buku ini unsur romance-nya kerasa banget (Eh, buku ini genre utamanya bukan romance-kan?). Aneh sih, buku yang menceritakan tentang pembunuhan, detektif-detektif gitu, unsur romancenya menonjol banget. Seperti Era yang menyukai Arumi, juga Gara, sang polisi muda yang membantu mereka dalam ‘menyelesaikan’ kasus ini. Juga Aluna yang ternyata malah menyukai Gara!

Overall, meskipun aku ‘kurang’ merasa puas pada beberapa bagian, aku menyukai buku ini :)!

Ratings: 3 of 5 stars

One thought on “[Book Review] Januari: Flashback

  1. Pingback: [Update] NARC 2015 | StarKing's Library

Don't Be Quiet Reader, Leave Comment!

