[Book Review] In a Blue Moon

25053346

Judul: In a Blue Moon

Penulis: Ilana Tan

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Terbit: April, 2015

Tebal: 320 hlm.

ISBN: 9786020314624

“Apakah kau masih membenciku?”
“Aku heran kau merasa perlu bertanya.”

Lucas Ford pertama kali bertemu dengan Sophie Wilson di bulan Desember pada tahun terakhir SMA-nya. Gadis itu membencinya. Lucas kembali bertemu dengan Sophie di bulan Desember sepuluh tahun kemudian di kota New York. Gadis itu masih membencinya. Masalah utamanya bukan itu—oh, bukan!—melainkan kenyataan bahwa gadis yang membencinya itu kini ditetapkan sebagai tunangan Lucas oleh kakeknya yang suka ikut campur.

Lucas mendekati Sophie bukan karena perintah kakeknya. Ia mendekati Sophie karena ingin mengubah pendapat Sophie tentang dirinya. Juga karena ia ingin Sophie menyukainya sebesar ia menyukai gadis itu. Dan, kadang-kadang—ini sangat jarang terjadi, tentu saja—kakeknya bisa mengambil keputusan yang sangat tepat.

REVIEW:

Siapa yang tidak kenal Lucas Ford? Lucas Ford merupakan koki yang sangat terkenal di New York, ia juga peraih bintang Michelin. Lucas juga memiliki restauran bernama Ramses, salah satu restoran terbaik di New York. Ramses selalu ramai dikunjungi setiap harinya. Sangat sulit untuk mendapatkan meja kosong di Ramses.

Disisi lain, ada Sophie Wilson. Gadis berwajah asia dengan tubuh pendek dan rambut bergaya bob. Sophie merupakan pemilik toko kue A Piece of Cake.

“Bahwa kau hanya gadis biasa yang berpotongan tubuh kecil dan cukup manis kalau tidak sedang memberengut. Kau tidak tinggi semampai dan tidak memiliki tampang eksotis. Benar-benar biasa. Kau mungkin tidak sempurna, tapi kau sempurna untukku.”

Cerita ini dibuka dengan Gordon Ford, kakek Lucas yang berkoar-koar bahwa ia telah ‘menemukan’ tunangan untuk Lucas. Awalnya, Lucas tidak tahu bahwa gadis yang akan menjadi tunangannya adalah Sophie. Begitupula Sophie.

Setelah menunggu beberapa detik, Sophie Wilson akhirnya menjabat tangan Lucas dengan cepat dan berkata, “Kami hanya bersekolah di SMA yang sama. Tidak bisa dibilang berteman.”

Sophie Wilson sangat membenci Lucas Ford, kita semua tahu tentang itu. Lalu, apa sebenarnya alasan yang menyebabkan ‘kebencian’ Sophie pada Lucas?

Lucas dan Sophie merupakan teman di SMA, ah tidak, mereka tidak berteman. Mereka hanya kebetulan sekolah di sekolah yang sama. Lucas pertama kali bertemu Sophie di bulan desember pada tahun terakhir SMAnya. Saat itu, Lucas diberikan hukuman karena ‘keusilan’nya dalam kelas. Lucas diminta untuk ‘bergabung’ dengan panitia membuat kue natal. Sophie juga berada dalam kelompok pembuat kue. Saat Lucas menjalankan masa hukumannya itu, saat itulah Lucas bertemu Sophie untuk yang kali pertama.

      Di bulan Desember di tahun terakhir SMA-nya, Lucas pertama kalinya bertemu dengan Sophie Wilson.

Awalnya, Gordon Ford dan juga Thomas Wilson-kakek Sophie, merencanakan untuk menjodohkan anak mereka, hanya saja, mereka sama-sama memiliki anak laki-laki. Maka dari itu, rencana tersebut ditunda. Sampai mereka memiliki cucu yang berbeda jenis, Lucas Ford dan Sophie Wilson.

Cover dari In a Blue Moon kurang menarik, menurutku. Terlalu gimana ya.. ah, font untuk nama penulis ‘Ilana Tan’, terlalu kaku (mungkin?), atau bernuasa biru-ungu yang nggak cocok sama toko roti?

Akhirnya! Setelah menunggu sekian lama, penulis favoritku akhirnya ‘menelurkan’ lagi karya barunya (setelah sempet di-PHP-in sama Autumn once More/kumcer dan Seasons to Remember). Jujur saja, aku kurang menyukai gaya penulisan penulis yang menuliskan (kok ribet ya katanya?) cerita dari sudut pandang penulis. Membuat cerita terasa kaku. Hanya saja, tidak seperti penulis lainnya. Entah kenapa, meskipun menulis dari sudut pandang penulis, Ilana Tan selalu dapat membuat aku menghayati cerita ini.

Ah, ya. Kemarin sempet denger isu kalo In a Blue Moon berkaitan dengan Sunshine Becomes You. Jawabannya: tidak saling berkaitan sih, cuma ‘mungkin’ Mia Clark pernah mengunjungi toko kue Sophie (mengingat adanya ‘laporan’ bahwa ada seorang wanita yang pingsan di tokonya lalu jika kalian sudah membaca Sunshine Becomes You, memang benar Mia Clark pernah pingsan di toko kue saat bersama Alex Hirano)

Konflik dalam buku ini tidak terlalu sensitif. Hanya saja, aku pikir kesalahan yang dilakukan oleh Lucas di masa lalu -terlalu- keterlaluan. Penasaran? Baca!

Overall, aku sangat menikmati buku ini. Hanya saja, aku ‘kurang’ menyukai covernya. Ah, ya. Sebelumnya aku mau ‘minta maaf’ kalau review-ku kali ini sangat buruk (disebabkan oleh beberapa aspek, mungkin salah satunya karena aku sudah menyelesaikan In a Blue Moon seminggu yang lalu dan baru menuliskan review hari ini)

Ratings: 3 of 5 Stars

Advertisements

5 thoughts on “[Book Review] In a Blue Moon

  1. Pingback: [Wrap-Up] 100 Days of Asian Reads Challenge | StarKing's Library

  2. Uh, hello there! 😁😁 remember me, rite? Yesterday, i got a team-work project to review a book and we decided to pick “In A Blue Moon”. Well, the book is my friend’s and I’ve just finished it minutes ago. I remembered you have a blog and loved to review novels and books. And i checked your blog and searched for a review about this book. I really agree with your statements and your review really helped me to do my project. So, thankyou so much. Keep writtin’ and do your best. 😁😁 Love ya. P.s : let’s meet up someday😂😂

    • Uh, first, thanks for remembering and visiting my blog (wkwkwk it was a pleasure for me y’know? haha)
      Btw, good luck for your team work project. Hope y’all will get a good score. And yes, dont forget to contact me when you’re in town and meet up with me and our old friends here (although it gonna be awkward, i think.. hahaha remembering ’bout your personality..)
      p.s: can’t wait for Ilana’s new books!

    • Hahaha. Thankyou so much. Hey-_- i’m a bit different now. Lol. #kidding Are you still in methodist? I came to methodist about two or three months ago and didn’t see you. Where did you go? 😂😂 lol

    • me neither. I don’t even know that you’re in binjai back in time, for real (gonna say sorry for this. hope u won’t mind ’bout this wkwkwk)
      So, when will u visit binjai again? Lets meet up and go to medan (what i exactly mean is: lets go to gramedia!)
      And.. yes… im still in metho. As always:)

Don't Be Quiet Reader, Leave Comment!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s