[Playing Around with Romance] Genre 101: Paranormal Romance

banner fix

Sebagai postingan penutup, setiap blog yang menjadi anggota dari grup Romance harus memposting tentang sub-genre dari genre Romance. Kita semua tahu bahwa di dalam genre Romance, masih terdapat banyak sekali sub-genre, salah satunya adalah Paranormal Romance.
Genre paranormal romance seringkali di kaitkan dengan fantasy romance. Banyak orang yang masih tidak ‘mengerti’ perbedaan kedua genre tersebut. Genre paranormal romance dan fantasy romance sama-sama memfokuskan ke kisah ‘romance’, dengan poin-poin lain yang berbeda tentunya.
Paranormal Romance biasanya mengangkat tokoh yang paranormal. Contohnya: Vampir, Penyihir, Werewolves, demons, malaikat, dan sebagainya. Paranormal Romance, seperti judul genrenya, selalu mengangkat cerita tentang hubungan percintaan antara manusia dengan makhluk supernatural ataupun kedua peran utama sama-sama makhluk supernatural dengan setting waktu di bumi/ di dunia nyata. Sedangkan fantasy romance bisa saja mengambil setting tempat di dunia lain, contohnya planet lain, dunia fantasi seperti dunia penyihir.
Menurut Goodreads:
Paranormal romance is a sub-genre of the romance novel related to paranormal fiction. Paranormal romance focuses on romance and includes elements beyond the range of scientific explanation, blending together themes from the genres of urban fantasy, traditional fantasy, science fiction, or horror.
Paranormal romance may range from traditional category romances with a paranormal setting to stories where the main emphasis is on a science fiction or fantasy based plot with a romantic subplot included. Paranormal romance stories tend to feature a lot of romance, suspense and action, as well as sometimes include mystery, humor and/or horror in the plotline.
Common hallmarks are romantic relationships between humans, vampires, werewolves, shapeshifters, fairies, demons, witches, sorcerers, ghosts, and other entities of a supernatural or otherworldly nature. Beyond the more prevalent themes involving vampires, shapeshifters, or time travel, paranormal romances can also include books featuring characters with psychic abilities, like telekinesis or telepathy.
Genre Paranormal Romance juga dapat berupa ‘kejadian’ paranormal yang terjadi di sepanjang plot dengan bumbu-bumbu romance.
Ciri-ciri paranormal romance:
-Biasanya ditulis dari sudut pandang orang ketiga
-Tokoh utamanya biasanya adalah Hero dan Heroine
– Tokoh utamanya adalah makhluk supernatural. 
– Unsur romance sangat terasa/ sangat diutamakan/ difokuskan
– Biasanya makhluk paranormal dari genre ini berbaur/ berteman dengan manusia, mengingat bahwa paranormal romance mengambil setting tempat di dunia kita.
Salah satu contoh dari buku bergenre Paranormal Romance adalah Twilight Saga yang ditulis oleh Stephenie Meyer. Twilight Saga sempat booming sekali di dunia literatur. Bahkan, Twilight Saga sudah diangkat ke layar lebar dan cukup laris. Aku yakin, bagi penyuka genre Paranormal Romance, kalian pasti sudah membaca/ menonton film Twilight Saga!
4186549041428263
1162543
Aku juga baru kelar baca Halo trilogy oleh  Alexandra Adornetto. Sebenarnya, buku ini sudah diterjemahkan dan diterbitkan oleh penerbit Fantasious. Hanya saja, aku memilih untuk membaca versi e-booknya. Buku Halo juga akan aku review secepatnya, jika penasaran, silahkan mengecek reviewku! For your information, buku ini ‘mengangkat’ malaikat sebagai tokoh utamanya.
7778981966681213056511
Vampire Academy Series. Terdiri dari 6 buku. Vampire Academy (buku pertama) juga sudah diangkat ke layar lebar. Vampire Academy ‘menempatkan’ vampire dan dhampir sebagai tokoh utamanya. Cerita ini memfokuskan tentang sekolah bagi para vampire dimana para vampire dapat belajar tentang magic dan cara mempertahankan diri dari manusia.
1866066922821332802316599615364792596527740
Hex Hall trilogy. Hex Hall menempatkan seorang penyihir sebagai tokoh utama dengan beberapa demon, peri, werewolves sebagai tokoh sampingan. Hex Hall bercerita tentang seorang gadis yang bernama Sophie yang baru saja mengetahui bahwa dirinya adalah seorang penyihir. Lalu, karena ia terlalu ‘menarik perhatian’ di pesta prom night, ayah Sophie memutuskan untuk memasukkan Sophie ke dalam sekolah bernama Hex Hall, sekolah yang terisolasi dari manusia. Dalam Hex Hall, Sophie menemukan banyak makhluk paranormal. Belum lagi kisah cintanya dengan Arcer Cross yang rumit.
5287473114545878428064
Nah, sekarang kalian sudah tahu kan Paranormal Romance itu yang bagaimana? Sudah tahu juga kan novel-novel yang bergenre Paranormal Romance? So, jangan bingung lagi ya jika menyangkut yang mana sih Paranormal Romance? Yang mana sih Fantasy Romance?
Mau tahu sub-genre Romance lainnya? Yuk mampir ke blog berikut:
Advertisements

4 thoughts on “[Playing Around with Romance] Genre 101: Paranormal Romance

  1. yeah, alhamdulillah saya sudah tuntas baca The Twilight Saga dan juga sudah nonton 5 filmnya. tapi seri buku The Twilight Saga agak pengecualian di ciri nomor satu karena sudut pandangnya adalah orang pertama yakni Bella. hehe.
    hmm ternyata Hex Hall masuk genre ini yah. yang ini juga membuat saya tertarik sayangnya belum berkesempatan baca. semoga suatu hari bisa kesampaian ya. 😀

  2. Twilight Sudah beres dibaca, tapi yan lainnya belum pernah baca. Aku suka karya Jeaniene Frost dengan Night Huntress seriesnya untuk subgenre satu ini

  3. Pingback: [Wrap-Up] Playing Around with Romance | StarKing's Library

Don't Be Quiet Reader, Leave Comment!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s