[Opini Bareng] Karakter Tokoh Utama

1424592494831

Jika pada bulan Januari tema Opini Bareng adalah tentang Ekspetasi [Baca disini]. Maka, di bulan Januari ini, tema opini bareng kali ini adalah tentang Karakter Tokoh Utama.
Apakah kamu lebih menyukai karakter utama yang serbasempurna, mirip dengan kepribadianmu, atau yang hidupnya penuh dengan masalah dan ketidaksempurnaan? Apakah kamu menyukai tokoh utama yang cerewet atau pendiam?
Jujur aja, aku cenderung menyukai tokoh dengan karakter yang sama denganku.
Aku selalu menyukai tidak semua ‘apapun’ yang memiliki kesamaan denganku. Dengan begitu, aku akan lebih mudah terbawa suasana serta merasakan ’emosi’ dari sang tokoh (meskipun seringkali aku lebih ‘mudah’ merasakan emosi sang tokoh dari cara penulisan penulis sendiri.)
Sebenarnya, aku itu nggak tahu gimana cara menilai karakterku sendiri. Hanya saja, yang aku tahu tentang karakterku adalah: Aku orang egois. Tipe kepribadianku (saat diuji di pelajaran sosiologi) adalah koleris kuat. Tipe kepribadian (dapat kalian sebut karakter, mungkin ?) orang koleris adalah: Keras kepala, mau menang sendiri, pejuang, sombong,  susah berteman (percayalah, aku tidak seburuk itu). Nah, biasanya, orang-orang koleris ini yang dapat memicu terjadinya konflik yang lebih dalam. Klimaks yang menegangkan.

Banner_OpiniBareng2015

Kenapa menyukai tokoh utama dengan karakter mirip dengan karakterku? 
Karena aku tidak menyukai tokoh dengan karakter yang lemah. Singkatnya, aku suka tokoh utama yang kuat. 

...

Tokoh utama (perempuan) yang lemah biasanya menjadi ‘korban’ konflik dari sebuah cerita. Baik itu cerita bergenre adult, sci-fi, dystopian(yang sedikit, berhubung biasanya genre ini seringkali mengangkat tokoh utama wanita yang kuat.) dannn…. romance! Memang sih, kebanyakan pada novel-novel erotis atau romance yang tentunya… picisan. Pernah mendengar cerita yang seperti ini: “Sang wanita sangat mencintai suaminya, jadi, dia rela disiksa lahir-batin, berusaha mempertahankan rumah tangganya sepihak.” Mungkin pernah, hanya saja, pada akhirnya mereka berdua akan disatukan lagi oleh penulis cerita. Ada juga yang tidak.
Kenapa tidak menyukai tokoh dengan karakter serba-sempurna?
Karakter yang serba-sempurna itu membuat aku ‘selalu’ mengingat tentang ke-fiksi-an tokoh. Kita semua tahu jika tokoh dengan karakter: Baik (benar-benar BAIK bukan alibi a.k.a Alim Alim Biadab), sopan (benar-benar sopan, sopan bicaranya, sopan pakaiannya, sopan semuanya), tanpa pamrih (kau akan menemukan karakter tanpa pamrih di buku seri DIVERGENT) singkatnya, karakter yang begituan itu: TOO GOOD TO BE TRUE.
 Barangkali, postingan baca bareng ini merupakan yang tertelat dari semua yang telat. Sebenarnya, aku sudah menulis tentang opini bareng ini sejak awal bulan Febuari. Entah kenapa, post ini selalu tidak berhasil dipublikasikan, selalu disimpan di konsep. Mengalami beberapa kali perubahan (mengingat aku adalah orang yang plin-plan)
Awalnya, aku sempat beberapa kali mengalami writer’s block. Menyusun sebuah kata-kata, tapi kata-kata itu tidak berhasil aku jadikan bagian dari kalimat. Maka, dengan segala ‘ke-gaje-an’ aku. Jika ada yang ‘aneh’ dari post ini. Mohon dikomentari^^
Ah, ya. Berhubungan tentang ‘kesempurnaan’. Aku jadi ingat dengan quote ini:
Shiraishi Itsumi terlalu sempurna. Secara umum, baik itu dalam menghias roti, atau kudapan tradisional, untuk meningkatkan cita rasa, seorang artis sengaja menghancurkan kesimetrisannya. Bentuk itulah yang justru menarik. Tetapi, sosok Itsumi terlalu mendetail seolah sudah dihitung dengan cermat dan diatur terlalu teratur dan tidak ada yang tidak sempurna. Benda yang sempurna itu tidak cantik. Vulgar.
Don't Be Quiet Reader, Leave Comment!

