[Opini Bareng] January: Expectation

ABM_1422532044

Tema Opini Bareng bulan ini adalah: Ekspetasi. Berhubung karena ini adalah kali pertama aku menuliskan post tentang Opini, aku cukup ‘kebingungan’ dan ‘kewalahan’ untuk memikirkan apa yang harus kutuliskan dalam post ini. 
Pada akhirnya, aku memutuskan untuk: Memilih buku yang menurut aku melebihi dan dibawah ekspetasiku dan menyadari bahwa postku ‘sedikit’ berbeda dari yang lainnya –__–

Banner_OpiniBareng2015

BEYOND MY EXPECTATION:
Mei Hwa: Sang Pelintas Zaman

Buku ini sangat membuat aku terkesan! Pada awalnya, membeli buku ini adalah keterpaksaan. Keterpaksaan karena aku mengunjungi toko buku dan tidak menemukan buku yang menarik untukku. Sebenarnya, cover dari buku ini tidak cukup menarik untukku. Memang, aku menyukai buku dengan cover simpel, cover simpel dimiliki oleh buku ini. Tetapi, kesimpelan cover dari buku ini tidak menari, warnanya pun sangat tidak mengkilau. Hanya saja, blurb dan judul dari buku ini sangat membuatku tertarik. Mei Hwa, etnis Tionghua (mengingat bahwa aku juga berasal dari etnis tionghua). Buku ini bahkan mendiami rak bukuku selama hampir 2 bulan, kemudian aku memutuskan untuk membacanya. Kau tahu apa yang terjadi?
Aku mengalami kejadian ini lagi. Menghakimi buku dari covernya yang ‘nggak banget’, padahal isinya ‘bagus banget’. [Review]
Ide cerita sangat unik dan juga… cerdas. Diceritakan secara bertahap dan berurut dari rentang waktu yang cukup lama, tahun 1932 sampai 2002. Tokoh yang hidup dalam waktu berbeda ternyata saling berkaitan. Masa lalu yang berkaitan dengan masa kini. Konfik yang ditawarkan sangat beragam. Klimaks yang sangat menegangkan. Aku merekomendasikan kalian semua yang menyukai sejarah untuk membaca buku ini. Menikmati sejarah Indonesia yang penuh emosi dalam rangkaian cerita dengan latar non-fiksi dan dengan tokoh fiksi.

 

BELOW MY EXPECTATION:
The Fault in Our Stars

11870085

Siapa pecinta buku romantis yang tidak mengenal buku ini? Mungkin ada, beberapa, minoritas. Buku ini selalu menjadi ‘buku rekomendasi’ dimana-mana. Keromantisan hubungan August dan Hazel. Kemanisan hubungan keduanya. Atau, kesedihan ending pada buku ini.
Aku tidak pernah membaca dan tidak pernah tahu versi aslinya. Memang benar bahwa aku menonton filmnya, tapi aku membaca buku versi Indonesianya. Kau tahu apa? gaya bahasa sangat kaku. Aku benci ini. Gaya bahasa yang kaku membuat aku nggak bisa ‘merasakan’ apa-apa. Singkatnya, katakanlah aku membaca buku ini sampai habis (kenyatannya aku tersendat di pertengahan buku ini, tidak pernah tiba di halaman terakhir), aku akan langsung melupakan hal-hal yang pernah terjadi di buku ini. Mungkin, aku hanya akan mengingat bagaimana pertemuan mereka. Atau quote yang aku dapatkan dalam buku tersebut.
Bukan menjelek-jelekkan, sesuai dengan tema dari post ini, ini semua hanya pendapatku. Ekspetasi awal berbeda dengan akhirnya. Pada awalnya, aku pikir buku ini akan membuat aku nangis bawang, seperti buku THE NOTEBOOK atau filmnya karya Nicholas Sparks, dan ternyata, aku bahkan tidak pernah tiba pada halaman terakhir buku ini.

Tumblr

One thought on “[Opini Bareng] January: Expectation

  1. Pingback: [Opini Bareng] Karakter Tokoh Utama | StarKing's Library

Don't Be Quiet Reader, Leave Comment!

