Book Review: X, Kenangan yang Berpulang

20622333

Judul: X, Kenangan yang Berpulang
Penulis: Devania Annesya
Penerbit: Grasindo
Terbit: 2014
Tebal: 274
ISBN: 978-602-251-289-6
Andra menengadah dan ia menggunakan tatapan mata teduhnya untuk melunakkan hati Ariel. “Aku hanya baru sadar kalau aku begitu mencintaimu dan tidak bisa melepaskanmu.”

“Kau tahu kan aku tidak percaya cinta? Jadi jangan gunakan alasan itu.” balas Ariel ketus.

“Aku membutuhkanmu.”

Ariel mengatupkan rahangnya erat-erat. “Lalu kau di mana saat aku membutuhkanmu?”

—————————————

Tujuh tahun sejak terakhir Ariel Narinta bertemu dengan Andra Anggara – pria cinta pertamanya. Ariel sudah hampir bisa menjalani hidupnya dengan normal. Ia sudah baik-baik saja.

Namun laki-laki itu kembali muncul dalam hidup Ariel, sebagai atasannya. Ia muncul dan memaksanya kembali menoleh ke belakang. Kembali menatap kenangan yang sangat ingin ia lupakan.

Bagi Ariel, Andra adalah pelajaran terpahit dalam hidupnya. Darinya, Ariel belajar untuk tidak pernah mempercayai siapapun. Tuhan sekalipun.

REVIEW&PLOT:

Ada sesuatu yang tak pernah berakhir meski telah terhenti. Sesuatu itu disebut Kenangan.
Setelah 7 tahun putus dan tidak pernah bertemu, takdir memainkan hati Ariel. Kini, Ariel bertemu lagi dengan mantannya, Andra. Tentunya dengan keadaan yang sangat berbeda dari 7 tahun lagi.
Sekarang mereka bertemu lagi, dan Andra berperan sebagai atasan Ariel.
“Seharusnya kita tidak jatuh cinta pada orang yang tepat. Akan lebih mudah ketika kita jatuh cinta pada orang yang salah. Kita tak akan terlalu terluka ketika mereka meninggalkan kita.”
Andra digambarkan sebagai lelaki yang sangat sempurna. Terlampau sempurna. Tampan, baik hati, kaya. Tapi, tidak bagi Ariel. Dulunya Ariel juga sangat memuja Andra.
“Andra, kau sangat baik seperti malaikat.”
Cerita ini di lengkapi dengan Flashback. Flashback ini yang bikin manis!
Flashback yang mengisahkan kehidupan SMA Ariel dan Andra. Bagaimana saat-saat Ariel ditinggal Andra. Saat-saat Andra memutuskan Ariel. Juga Kisah kelam Ariel. Ia diperkosa ayah tirinya sendiri. Sebenarnya Andra ini nggak mau ninggalin Ariel, tapi gara-gara teman-teman yang menghina Andra.
“Seharusnya kita tidak jatuh cinta pada orang yang tepat. Akan lebih mudah ketika kita jatuh cinta pada orang yang salah. Kita tak akan terlalu terluka ketika mereka meninggalkan kita.”
Konflik yang diangkat cenderung sensitif. Korban pemerkosaan. Karena itu, Ariel tidak percaya lagi dengan keberadaan Tuhan
Lalu ada pemeran sampingan dan konflik sampingan, meskipun nggak setegang konflik utama.
Anggara, Ayah Andra, membesarkan Andra dengan seorang diri karena ibu Andra telah meninggal dunia saat melahirkan Andra. Lalu ada suatu ketika saat Ariel menanyakan kenapa Anggara tidak menikah lagi. Dan Anggara menjawab dengan sangat bijak.
“Setelah ibunya Andra… kenapa Ayah tidak menikah lagi?”
“Ada sesuatu yang tak pernah berakhir meski telah terhenti. Sesuatu itu disebut kenangan.”
Jalan ceritanya sangat cepat. Mulai dari SMA, bekerja, menikah dan punya anak. Endingnya? sedih dan bahagia. Aku suka cara penulis menuliskan setiap kejadian dengan sangat cepat.
Meskipun cerita ini sinetron abis, tapi, entah kenapa aku sangat menyukai cerita ini. Singkat kata, FEEL-nya kedapet banget. Aku bahkan merasakan nyesek sendiri, dan di beberapa bagian aku nangis karena sedih bangettt… Terakhir kali, aku baca novel yang Feelnya kedapet banget itu kalo nggak salah Sunshine Becomes You by Ilana Tan, sekitar 2 tahun yang lalu.
Bicara soal pemeran favorit, tentu aja si Andra! Orangnya royal banget! Suka memberi bantuan pada orang-orang miskin. Sempurna. Dan tokoh ‘Andra’ ini sangatsangat FIKSI. Karena hampir MUSTAHIL ada orang yang seperti Andra itu di dunia nyata. Saya juga suka Anggara, ayah Andra. Anggara adalah tipe yang setia dan sangat berwibawa.
Ini pertama kalinya saya membaca karya Devania Annesya, dan jujur, saya jatuh cinta dengan buku ini dan ingin membaca semua karya Devania Annesya di masa depan.
Covernya keren banget! Cantik! Sketsanya menarik banget! Dengan latar putih yang gimanaaa gituu..
Disetiap babnya juga di sisipkan oleh lirik lagu yang menggambarkan topik setiap babnya.
Overall, saya sangat menikmati buku ini. Saya seperti tersedot kedalam cerita fiksi kehidupan Ariel dan Andra. Ikut menyaksikan bagaimana Kekelaman masa lalu Ariel, lalu ikut merasakan penyesalan Andra. Covernya yang sangat menarik, juga sinopsis pada cover belakang yang membuat penasaran. Recommended for you 🙂 Khusus nya yang suka Young-Adult fiction.
“Seharusnya kita tidak jatuh cinta pada orang yang tepat. Akan lebih mudah ketika kita jatuh cinta pada orang yang salah. Kita tak akan terlalu terluka ketika mereka meninggalkan kita.”

Ratings: 5 of 5 Stars

Advertisements

8 thoughts on “Book Review: X, Kenangan yang Berpulang

  1. Pingback: [Wrap-Up] New Author Reading Challenge 2014 | StarKing's Library

  2. Pingback: Scene on Three #1 | StarKing's Library

  3. Pingback: Wishful Wednesday #13 | StarKing's Library

  4. Pingback: [WRAP-UP] Indonesian Romance Reading Challenge | StarKing's Library

  5. Pingback: Top 5 Best Book Covers | StarKing's Library

  6. Pingback: Top 5 Most Favorite Books | StarKing's Library

  7. Pingback: [Book Review] Muse | StarKing's Library

  8. Pingback: [Playing Around with Romance] Ten Romance Covers | StarKing's Library

Don't Be Quiet Reader, Leave Comment!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s