Book Review: Who Are You?

22032526

Judul: Who Are You?
Penulis: Lim Eun Hee
Penerbit: Haru
Terbit: April 2014
Tebal: 320 hlmn.
ISBN: 978-602-7742-33-8
Song Ah Ri

Siapa pria itu? Pria yang sanggup memberi cinta sehangat itu?

Selama ini, Ah Ri selalu bermimpi tentang seorang pria yang tak dikenalnya. Sampai akhirnya secara tak sengaja ia bertemu dengan pria itu, dan Ah Ri pun yakin bahwa mimpi-mimpinya tersebut adalah suatu “ramalan”.

Yoon Ian

Jangan menangis lagi. Mengapa kau sering sekali menangis?

Song Ah Ri hanyalah seorang gadis yang baru kemarin Ian kenal. Jadi… mengapa gadis itu bisa mengatakan suka padanya? Lalu… bagaimana ia bisa tertidur di samping gadis tersebut?

Kim Gana

Maafkan aku, Gyu Wan….

Kematian Gyu Wan—teman baik Yoon Ian sekaligus kekasih Kim Gana—beberapa tahun lalu masih membuat hati wanita itu terperangkap. Gana pun tak bisa begitu saja mengaku bahwa sebenarnya Ian-lah yang ia cintai. Namun, setelah percobaan-percobaan bunuh diri Ian serta pertemuan pria itu dengan seorang gadis aneh dan mencurigakan, Gana tahu dirinya harus segera bertindak.

REVIEW&PLOT:

Terkadang manusia mempunyai sifat kejam yang terbentuk secara alami. Meskipun tak ada yang mengajari cara untuk mengakhiri suatu hubungan, tapi mereka bisa belajar dengan sendirinya.
Cerita ini dibuka dengan scene Ah Ri yang baru diputuskan oleh pacarnya, Ah Sung. Dengan alasan yang paling mainstream sedunia: Bosan.
Dan inilah kekurangan si tokoh utama wanitanya, Ah Ri.
Ah Ri digambarkan sebagai seorang gadis yang polos, juga sangat gampang menangis. Ditambah lagi Ah Ri sering bermimpi. Mimpi yang aneh. Mimpi yang sama. Selalu berakhir dengan Ah Ri terbangun dari tidurnya dan menangis meraung-raung.
Yoon Ian. Hidup dalam rasa kebersalahan dan penyesalan. Selalu mencoba bunuh diri. Tidak punya tujuan hidup.
Itu semua dialami Yoon Ian setelah kepergian Gyu Wan, sahabat yang sudah Ian anggap sebagai abang sendiri.
Sampai suatu saat, Ian bertemu Ah Ri. Dan hidupnya mulai berwarna. Mulai saat itu.
Kim Gana. Gadis yang menyedihkan. Lebih tua 5 tahun dari Yoon Ian. Meski lebih tua, umur tidak menjadi halangan untuk Gana mencintai Ian. Tapi, tentu saja. Ironis sekali. Cinta Gana bertepuk sebelah tangan. Terlebih lagi Ian sudah menganggap Gana sebagai kakak sendiri, karena Gana merupakan pacar Gyu Wan.
Manusia memiliki nasibnya masing-masing. Apakah seseorang bernasib baik atau buruk, itu tergantung pada orang itu sendiri. Apa pun yang terjadi pada seseorang, itu merupakan pilihannya sendiri.
Kim Gana memerankan tokoh antagonis disini. Menghalalkan semua cara demi mengikat Yoon Ian untuk tetap bersamanya.
Masalah diperumit saat teman Gyu Wan memiliki buku harian yang ditulis 1 minggu sebelum kematian Gyu Wan.
Dan itu membuat saya terkejut.
Banyak hal-hal yang membuat saya terperangah, terutama fakta dari kematian Gyu Wan.
Lalu suatu saat, Ah Sung, mantan pacar Ah Ri mengajak balikan! Padahal Ah Ri sedang berkencan dengan Ian. Ditambah Gana mengajak Ian melanjutkan sekolah di Inggris! Lalu bagaimana kisah mereka?!
“Meski kau bilang cinta, meski kau buka kembali hatimu untukku, hubungan di antara kita tetap tidak akan pernah kembali. Bahkan bila tak ada orang yang memahami perasaanku pun, di dunia ini ada yang namanya aturan. Itulah mengapa kita perlu kehadiran orang lain, karena bagaimanapun juga, itu akan menjadikan kita lebih baik daripada hidup sendirian di pulau kosong. Kalau kau gunakan kecerdasanmu, mestinya dulu kau tidak mengatakannya. Kata ‘berpisah’mu dulu menghinaku. Ketika kita berpisah karena Won Hee, saat itulah aku mencampakkanmu.” Ah Ri mencurahkan perasaannya.

Who are u

Pada pertengahan halaman ada typo salah penyebutan nama. Nama yang benar adalah Gyu Wan, tapi pada pertengahan halaman di tulis Gyu Won, lalu balik lagi namanya Ke Gyu Wan. Bagi saya ini adalah kesalahan typo yang cukup serius. Membuat pembaca bingung. Sebenarnya saya juga tidak begitunyadar, tapi saya merasa sedikit janggal, lalu saya ulang baca.
Loh, kok Gyu Won namanya? Bukannya Gyu Wan?
Tokoh utama wanita disini membuat saya muak yah, soalnya dia terlalu cenggeng, dan buat cerita ini jadi agak menye-menye. Padahal saya udah suka banget sama jalan ceritanya.
Malahan keambisiusan dan pengorbanan Gana membuat saya terharu, pada awalnya. Dan berubah jadi benci banget sama Gana. Gara-gara cinta dia jadi nggak waras.
Prolog pada buku ini sangat menjanjikan. Membuat saya semakin penasaran. Dan ingin terus membaca sampai habis.
Bicara tentang typo. Ada. Itu yang aku tahu. Selain kesalahan penyebutan nama tadi, aku lupa berada di mana para typo-typo itu. Dan aku nggak ada waktu buat rekap semua typo tersebut 🙂
Karakter di buku ini nggak terlalu kuat, yang paling kuat justru penggambaran karakter Kim Gana. Meski begitu, chemistry antara Ian dan Ah Ri terasa kok^^.
Overall, dibalik segala kekurangan buku ini. Entah kenapa saya tetap menyukai buku ini. Mungkin karena tema dan plotnya itu aku banget. Jadi, 4 bintang untuk buku ini!!~ Love it~~

 

2 thoughts on “Book Review: Who Are You?

  1. Pingback: JUNE Wrap-Up | StarKing's Library

  2. Pingback: [Wrap-Up] New Author Reading Challenge 2014 | StarKing's Library

Don't Be Quiet Reader, Leave Comment!

