MOVIE VS BOOK [DIVERGENT]

Divergent_film_poster

VS

Books

 

In Beatrice Prior’s dystopian Chicago world, society is divided into five factions, each dedicated to the cultivation of a particular virtue–Candor (the honest), Abnegation (the selfless), Dauntless (the brave), Amity (the peaceful), and Erudite (the intelligent). On an appointed day of every year, all sixteen-year-olds must select the faction to which they will devote the rest of their lives. For Beatrice, the decision is between staying with her family and being who she really is–she can’t have both. So she makes a choice that surprises everyone, including herself.
During the highly competitive initiation that follows, Beatrice renames herself Tris and struggles alongside her fellow initiates to live out the choice they have made. Together they must undergo extreme physical tests of endurance and intense psychological simulations, some with devastating consequences. As initiation transforms them all, Tris must determine who her friends really are–and where, exactly, a romance with a sometimes fascinating, sometimes exasperating boy fits into the life she’s chosen. But Tris also has a secret, one she’s kept hidden from everyone because she’s been warned it can mean death. And as she discovers unrest and growing conflict that threaten to unravel her seemingly perfect society, Tris also learns that her secret might help her save the ones she loves . . . or it might destroy her.

CAST:

Shailene Woodley as Beatrice Prior

Shailene_Woodley_TIFF_2011

Theo James as Tobias Four Eaton

theo_james
Begitu Divergent buat, saya langsung berangkat ke cinema 21, semalam. Nonton dari jam 06.15 sampai … nggak tau.
Seperti sinopsisnya, Tris adalah seorang remaja Divergent, yaitu kelainan, cocok dengan lebih dari satu Faksi. Tris memutuskan keluar dari Fraksi Abnegation(tanpa pamrih), berpisah dengan ayah dan ibunya dan masuk ke Fraksi Dauntles (Berani) karena merasa harus mementingkan dirinya sendiri juga. Sedangkan abang Tris memilih Erudite (cerdas)
Beatrice mengubah namanya menjadi Tris dan masuk ke Dauntless.
Bagi anggota baru Dauntless, ada seleksi-seleksi, menentukan  apakah mereka cocok menjadi Dauntless atau tidak, di Dauntless tidak ada kata menyerah. Bagi orang yang tidak lulus seleksi, maka mereka akan menjadi Non-Fraksi, menjadi gelandangan.
Perlu diingat, kalau telah dikeluarkan dari Fraksi, tidak dapat berpindah ke Faksi Lainnya.
Film ini menceritakan bahwa setiap manusia dewasa yang dibagi menjadi 5 Faksi:
  • Abnegation (Tanpa Pamrih)
  • Dauntless (Berani)
  • Erudite (Cerdas) 
  • Candor (Jujur)
  • Amity (Damai)

candor Divergent-Erudite  abnegationnn divergent-dauntless-symbol mity

Sedangkan kakaknya Tris, Caleb, memutuskan untuk bergabung dengan Erudite.
Sebelum hari ‘H’, ada test alam bawah sadar untuk mengetahui sifat dasar, di faksi apakah kita akan ditempatkan.

tris

Tris ternyata memiliki Dauntless, Erudite, dan Abnegation sekaligus. Ia adalah seorang Divergent.
Begitu juga dengan Four, Tobias ‘four’ Eaton. Seorang Dauntless yang pernah beberapa kali menolak untuk dijadikan pemimpin Dauntless. Four ternyata juga adalah seorang Divergent.
Disini, Four berperan penting dalam keselamatan Tris dan mengajarinya cara-cara untuk menjadi seorang Dauntless. Membantu Tris dalam melewati berbagai seleksi, agar tidak diketahui identitasnya sebagai Divergent. Karena setiap orang yang diketahui adalah Divergent akan dibunuh karena dianggap memberi ancaman pada Faksi lain.
Sebelumya, Tris dan Caleb hidup dibawah Abnegation bersama orang tuanya. Tapi, pada hari ‘H’ Caleb memilih Faksi Erudite, Tris memilih Faksi Dauntless.

Divergent

tumblr_static_welcome_to_dauntless

Tobias Four sendiri juga merupakan anak dari pemimpin Abnegation.
Oiya, Kate Winslet [Titanic] juga ada main disini! Tapi jadi Antagonis.
Jeanie [Kate Winslet] merupakan pemimpin Erudite. Jeanie sering berada di markas Dauntless, dan ini mulai membuat Tris curiga. Jeanie sepertinya merencanakan sesuatu. Dan itu terbukti.
Four juga menceritakan kecurigaannya tentang obat yang dapat mempengaruhi dikirim Erudite ke markas Dauntless.
Suatu ketika, semua anggota Dauntless dikumpulkan dan disuntik dengan obat pelacak di lehernya. Semua anggota terpengaruh. Kecuali seorang pria yang ketahuan adalah seorang Divergent tidak terpengaruh, dan langsung di tembak mati. Berbeda dengan Tris dan Four, mereka berpura-pura.

dddddddddddddddddddd

Ternyata mereka semua dipengaruhi dan disuruh untuk menyerang ke markas Abnegation. Ibu dan Ayah Tris meninggal saat itu juga.
Lalu Tris pun tersadar, mengapa kelompok Divergent harus dimusnahkan. Ternyata kelompok Divergent tidak mempan terhadap obat tersebut.
Eric, pemimpin Dauntless ternyata menyadari bahwa Tris dan Four adalah Divergent.
Lalu, bagimanakah nasib mereka? akankan mereka selamat? Atau sebaliknya?
FYI, Divergent merupakan film yang diangkat dari novel worldwide bestseller, Goodreads choice for favorite books of 2011, Best Young Adult Romance, dsb. karya Veronica Roth.
Divergent series terdiri dari tiga buku:

divergent2

Menurutku, Divergent lebih seru dari Mockingjay (Udah kubaca bukunya), mungkin juga Best Young Adult novel yang pernah aku baca. Veronica Roth mengambarkan kejadian-kejadian dengan sangat rinci. Buku dan Filmnya juga tidak jauh beda. Hanya beberapa scene yang ditambahkan.
Tidak seperti The Hunger Games yang banyak menampilkan Action nya atau Twilight Saga dengan kisah vampire bodoh mereka (mulai benci sama Twilight, padahal dulu TwiHard)
Durasi Filmnya adalah dua jam lebih (nonton dari 06.15 sampai nggak tau alias lupa)
Batu abu-abu untuk Abnegation, air untuk Erudite, tanah untuk Amity, Batu pijar untuk Dauntless, kaca untuk Vendor.

divergent1

Overall, saya menikmati kedua-duanya, baik film ataupun novelnya. Pada novel, rincian kejadian yang dipaparkan lebih mudah dimengerti. Ada beberapa scene yang tidak ditampilkan dalam film. Seperti di saat Tris masuk ke ruang ujian, ujian terakhir adalah dibus (dalam buku), kalo di film, Tris nerkam anjingnya trus tiba-tiba tersadar. Ada juga scene yang berbeda. Seperti ibu Tris dari faksi Abnegation ingin bertemu dengan Tris. Kalau dibuku, ibu Tris boleh ketemu Tris karena diberikan waktu. Tapi kalau di film, ibu Tris mesti mengendap-endap buat ketemu Tris.

tumblr_mzgrpqpEvy1r8m70po1_500

 

 

Ratings: 9 of 10 Stars

Advertisements

7 thoughts on “MOVIE VS BOOK [DIVERGENT]

  1. Pingback: Lucky No.14 Reading Challenge [Wrap- Up] | StarKing's Library

  2. Pingback: DAFTAR BACAAN FEBUARY- MARET | StarKing's Library

  3. Pingback: [Wrap-Up] New Author Reading Challenge 2014 | StarKing's Library

  4. Pingback: Top 10 Tuesday: Top Ten Books I’ve Read So Far This Year | StarKing's Library

  5. Pingback: [Movie Adaptation] Insurgent | StarKing's Library

Don't Be Quiet Reader, Leave Comment!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s