Book Review: After D-100

17999736

Judul: After D-100
Tebal: 382
Author: Park Mi Youn
Penerbit: Haru
Terbit: Juni 2013
WANITA:
Aku mencintai laki laki itu dan menikahinya. Akan tetapi setelah hari itu, Aku memutuskan untuk bercerai dengannya
PRIA:
Sampai sebelum hari itu, Aku tidak mencintai istriku. Akan tetapi setelah hari itu, Aku mulai mencintai istriku
Wanita yang jatuh cinta dan lelaki yang tidak jatuh cinta. Akan tetapi setelah hari itu, perasaan keduanya berubah drastis.
D-100,Apa yang terjadi kepada keduanya setelah hari itu?

REVIEW:

Sesuai dengan judulnya, After D-100. Novel ini menceritakan tentang kehidupan sebuah rumah tangga dan tekad si- istri untuk bercerai pada hari ke 100 dan bagaimana mereka menjalani kehidupan sesudah dan sebelum hari ke 100 itu.
Gyung Hee (25) dan Lee Jung Chul (33)  menikah di usia yang cukup muda. Mereka telah menikah selama 2 tahun, tapi belum dikaruniai anak, padahal Gyung Hee sangat menyukai anak kecil.
Gyung Hee adalah istri yang sangat memuja suaminya, ia sangat mencintai suaminya. Sedangkan Jung Chul selalu bersikap dingin, sikapnya akan berubah 180 derajat hanya di “Ranjang”.
Lee Jung Chul menikah dengan Gyung Hee dengan tujuan agar ayah Gyung Hee menginvestasikan dana untuk perusahaannya.

After d 100

Novel ini mengangkat tema yang cukup sulit dan sensitif, yaitu mengenai kemandulan.
Saat Gyung Hee ingin menyatakan cerai, disaat itulah Jung Chul menyadari bahwa ia mencintai Gyung Hee.
So, at the end, gimana kehidupan rumah tangga mereka?
Berceraikah? Atau sebaliknya?
Read The book, darla!
~
Seperti biasa, novel ini menggunakan alur mundur.
Aku membuka laci, kemudian mengeluarkan isinya dengan hati-hati dan kuletakkan satu per satu di atas meja. Penuh dengan buku catatan dan dokumen-dokumen, juga ada sebuah album foto. Padahal, tidak ada sesuatu yang spesial, mengapa harus dikunci? Membuat orang jadi penasaran saja. Penasaran dengan sosok suamiku sebelum bertemu denganku, perlahan aku memerhatikan beberapa helai kertas saat akan memasukkannya kembali dengan hati-hati. Kemudian, kertas-kertas itu mulai mengejutkanku. Tidak, aku benar-benar tidak menyangka akan menemukan hal seperti ini!
Park Mi Youn sukses membuat saya penasaran dengan kelanjutannya. Park Mi Youn lebih banyak menuliskan dari sudut pandang Gyung Hee sehingga membuat saya membenci si brengsek Lee Jung Chul. Tapi, pada akhirnya, saya malah mengkasihani Lee Jung Chul, tapi tetap saja dia brengsek.
One Star – Cover yang menarik, bergambar rumah yang retak.
Two Star- Tema yang sangat bagus, kehidupan rumah tangga dan kemandulan
One Star – Banyak Quote yang terkandung di dalamnya.
One Star – Konflik yang membuat saya makin tegang dan tidak sabar untuk menghabiskan novel ini.
Konflik yang terkandung di dalamnya:
1. Orang Ketiga.
2. Masalah mertua.
3. Masalah ketulusan.
4. Masalah Kemandulan
Overall, saya me-rekomendasikan novel ini hanya untuk 18 Tahun Keatas. Karena ini merupakan novel bergenre dewasa dan bertema tentang kehidupan rumah tangga.
Meskipun aku berusaha sekuat tenaga mengabaikan rasa “kurang garam” itu, kini rasa itu makin lama semakin terasa jelas – Kang Gyung Hee
“Sebaiknya kau nanti menikah dengan lelaki yang tidak bisa hidup dan tidak bisa bernapas tanpamu. Cari lelaki yang setidaknya mau pura-pura tidak tahan hidup sendiri tanpamu. Kau ini masih muda, kenapa sudah ribut ingin menikah? Kau harus coba berpacaran dulu, tahu bagaiman rasanya  patah hati. Setidaknya harus ada pengalaman, baru menikah.”
“Kalau pernikahan adalah pertemuan antar keluarga, sepertinya perceraian juga adalah perpisahan antar keluarga. Perceraian, di mana hubungan kekerabatan yang sudah terjalin satu per satu itu mulai putus juga satu per satu.”
Gyung Hee, aku ingin kita hidup seperti air yang mengalir. Gejolak itu ‘kan ada di bawah air. Kita hidup sambil melihat permukaan air saja. Ya?

Ratings: 5 of 5 Stars.

One thought on “Book Review: After D-100

  1. Pingback: [Wrap-Up] New Author Reading Challenge 2014 | StarKing's Library

Don't Be Quiet Reader, Leave Comment!

