Book Review: Runaway Ran

RUNAWAY RAN

Judul: Runaway Ran.

Author: Mia Arsjad.

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama.

Tebal: 368 Halaman.

Tahun Terbit: 2013.

Novel ini bercerita tentang Katrina-si anak metropolitan yang hobi banget belanja Online. Tapi semuanya berakhir ketika ayahnya dinyatakan pensiun (dulunya direktur). Karena Katrina yang masih belum lepas kecanduannya terhadap barang online, akhirnya ia memutuskan untuk mencari part time job.

Atas bantuan temannya, Alya. Katrina mendapatkan pekerjaan menjadi assiten komikus terkenal, J.F. Ran. Katrina mengikuti interview dan lolos! Gajinya juga tergolong besar untuk part-time job.

J.F Ran adalah komikus terkenal karena komik humor yang berjudul 4 Hero No zero. Jika komik yang diciptakan ber-genre humor, tentu komikusnya juga orangnya humoris dong? Tapi berbeda dengan komikus yang ini!

J.F. Ran, sang komikus berkepribadian ganda!

Baik dan murah senyum dihadapan fansnya dan galak di hadapan katrina. Maka, katrina-pun harus bertahan untuk menghadapi sikap Ran. Ditambah lagi pacarnya J.F. Ran yang overprotective, Vianna.

Pada akhirnya, dapatkah Katrina bertahan dari pekerjaannya tersebut?

Ternyata, ada masa lalu J.F. Ran yang kelam yang membuat ia bersifat judes dan terkesan dingin, jauh dari kata humoris.

Wanna know? Read this book!

 

REVIEW:

Cover-nya sangat menarik! Pada awalnya, saya kira Runaway Ran itu komik, then ternyata novel karena tebel banget. Sangat Jarang ditemukan cover novel bergambar komik. Um, can i say it’s limited? V_V.

Menurut saya, kisahnya ringan, enak dibaca, konfik yang tidak memusingkan sehingga mudah dimengerti. Tapi, beberapa tokoh tidak diceritakan. Seperti tokoh Ditri yang menjadi adik laki-laki Katrina membuat saya penasaran. Bagaimana kehidupan si-doi pasca ayahnya pensiun. Bahkan kehidupan keluarga Katrin setelah ayahnya pensiun juga tidak terlalu diceritakan dalam novel ini, sehingga novel ini hanya focus kepada Katrin dan keluarga Ran saya.

Cerita ini bisa terbilang cinta segitiga, antara Katrina, J.F. Ran, and Vianna. Nah, tokoh protagonisnya sih Vianna dan Ran (?).

Oiya, J.F.Ran tuh singkatan dari Jaya Firman Ranadi, Weird? Of course! But, menurut saya itu singkatan yang keren loh!

For typography, ada beberapa typo yang saya temukan di novel ini. Sebenarnya tidak begitu menggangu. Tapi, mungkin bagi pembaca yang lain merasa tergangu.

Komik 4 Hero No Zero itu pemainnya from real life, yaitu temannya J.F. Ran sendiri loh!

Di Runaway Ran, Saya suka banget sama tokoh Katrina (yah iyalah, namanya pemeran utama!)

Anwy, tokoh Vianna very agressive yah :D. Padahal cuma di manfaatin sama Ran, nah disini Ran ada dendam terselubung sama Vianna. Mau tau apa? Read the Book!

Quote:

“Semua yang berlebihan itu nggak baik. Suara yang terlalu keras bisa bikin kita nggak bisa menikmati. Makan terlalu banyak bisa bikin perut sakit. Cinta yang terlalu dalam bisa bikin kita takut melihat kenyataan.” —Katrin (hal. 189)

Ratings: 4 of 5 Star

Advertisements

4 thoughts on “Book Review: Runaway Ran

  1. Pingback: [WRAP-UP] Indonesian Romance Reading Challenge | StarKing's Library

  2. Eh aku udah pernah nih baca Runaway Ran. Ceritanya lumayan menarik karena membahas soal komikus gitu kan, tapi entah kenapa berasa kurang nampol aja ceritanya 😛 hihihi

  3. Oh ternyata J.F.Ran itu singkatan dari Jaya Firman Ranadi. Keren juga ya. Bicara soal menyingkat nama, pernah nih di novel yang lain nama-nya juga disingkat. “D.A. Vanderson” Awalnya saya juga nggak tahu, tapi di pertengahan cerita, akhirnya ketemu juga singkatan nama itu. “Death Angel Danverson” haha, waktu itu saya ketawa ngakak, kok sampai nggak nggeh gitu ya sama singkatan namanya padahal novel ini bercerita tentang seorang malaikat maut.

Don't Be Quiet Reader, Leave Comment!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s